Wisata Alam di Pekalongan yang Menawan

Wisata Alam di Pekalongan yang Menawan

Tempat Wisata Alam di Pekalongan yang Menawan, Penat Langsung Hilang

Wisata Alam di Pekalongan yang Menawan – Batik merupakan hal pertama yang mungkin terlintas di benak Anda ketika mendengar nama Pekalongan. Sejatinya, Pekalongan adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan hasil kain batik unggulannya.

Pekalongan merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang berada di utara Pulau Jawa. Wilayah yang terdiri dari kota dan kabupaten ini tak hanya memiliki kerajinan batik yang indah, tetapi juga kaya wisata alam yang menawan.

Buat kamu yang berencana liburan, gak ada salahnya nih untuk mencoba mengunjungi spot-spot wisata alam di Pekalongan. Berikut daftarnya.

Curug Bajing

Curug Bajing berlokasi di Gumelem, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan. Spot wisata ini punya air terjun yang cantik, karena lokasinya berada tepat di sebuah lembahan.

Curug Bajing punya tinggi air tejun sekitar 75 meter, dengan kolam di bawahnya berdiameter sekitar tiga meter. Namun, pengelola melarang pengunjung untuk mandi karena arusnya cukup deras.

Kedung Sipingit

Kedung Sipingit dikenal dengan sebutan Black Canyon. Lokasinya berada di Kayupuring, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan. Black Canyon ini memiliki sumber mata air yang jernih dan menyegarkan. Dinamakan Black Canyon karena sungai di sini dikelilingi tebing berwarna serba hitam. Kamu pun bisa mencoba beberapa wahana, seperti body rafting, river tubing, hingga river trakking.

Bengkelung Park

Bengkelung Park berlokasi di Sidoharjo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan. Spot wisata ini juga punya air terjun yang masih asri. Jernihnya air yang dikelilingi hijaunya pepohonan dijamin bikin betah. Apalagi di sini kamu diperbolehkan mandi atau main air. Tapi harus tetap hati-hati ya, guys!

 Identik Dengan Kekayaan Budaya Berwujud Corak Batik

Curug Madu

Curug Madu berlokasi di Lemah Abang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan. Lokasinya tak begitu jauh dari pusat Kota Pekalongan. Waktu tempuh dari pusat kota sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Curug Madu menyuguhkan air terjun dengan suasana yang segar serta pepohonan yang rindang.

Curug Tirta Muncar

Curug Tirta Muncar berada di Curugmuncar, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan. Curug Tirta Muncar menawarkan keindahan air terjun dengan suasana khas pegunungan yang menyegarkan. Namun kamu perlu hati-hati, karena akses menuju ke Curug Tirta Muncar cukup sulit dengan medan curam dan licin.

Telaga Sigebyar Mangunan

Masih di Kecamatan Petungkriono, kamu bisa mengunjungi Telaga Sigebyar Mangunan. Lokasinya berada di Desa Tlogohendro. Telaga Sigebyar Mangunan merupakan sebuah danau yang berada persis di bawah kaki Pegunungan Kendeng. Telaga ini punya air yang cukup jernih dengan panorama yang eksotis.

Jika beruntung, kamu bisa disuguhkan pemandangan kabut tebal yang perlahan memudar dan langsung menyuguhkan kecantikan alam.

Welo Asri

Last but not least, ada Welo Asri berada di Kayupuring, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan. Spot wisata ini menawarkan wahana air berupa river tubing dengan biaya sekitar Rp75 ribu per orangnya. Segar dan jernihnya air di Welo Asri dijamin bikin betah berlama-lama di sini.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata di Pekalongan yang bisa kamu kunjungi di liburanmu berikutnya. Jadi gak sabar pengin liburan, ya?

Comments are closed.