Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis – Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang terkenal di dunia. Olahraga ini menarik minat dari berbagai kelompok umur, dari berbagai tingkat keterampilan, dan dari jenis kelamin pria maupun wanita. Olahraga bulu tangkis adalah olahraga permainan. Bulu tangkis dimainkan dengan permainan cepat yang membutuhkan gerak reflek yang baik dan tingkat kebugaran yang tinggi. Dengan bermain bulu tangkis, pemain dapat mengambil keuntungan dari segi sosial, hiburan, dan mental.

Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan. Olahraga bulu tangkis dapat dijadikan permainan untuk rekreasi bahkan sebagai ajang persaingan. Bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditanam di penggir lapangan. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan.

Bulu tangkis alias badminton adalah salah satu permainan olahraga terpopuler, khususnya di Asia di mana Indonesia pun memiliki sejumlah atlet bersinar pada cabang olahraga satu ini. Bulu tangkis adalah permainan olahraga yang menarik karena selain dapat diperlombakan, banyak orang memilih untuk berolahraga badminton ketika memiliki waktu senggang.

Hanya saja, tentu berbeda apabila Anda ingin belajar bermain bulu tangkis dengan tujuan mengisi waktu untuk kesenangan diri sendiri dan dengan tujuan untuk menjadi seorang profesional serta ikut pertandingan.

American Grip

Dalam melakukan teknik pegangan Amerika atau American grip ini, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan, yakni:

Pastikan tangan memegang bagian ujung raket atau handle-nya seperti ketika Anda memegang pukul/geblok kasur. Inilah mengapa pegangan Amerika kerap juga disebut dengan istilah pegangan geblok kasur.
Posisikan ibu jari serta telunjuk menempel di bagian handle raket.
Tipe pegangan ini memang terbilang efektif dalam melakukan pukulan smash, terutama ketika berada di depan net. Tak hanya itu, memang tipe pegangan ini juga banyak diunggulkan oleh para pemain bulu tangkis ketika memukul bola-bola atas. Bahkan dengan pegangan inilah, para pemain bulu tangkis sangat gampang dalam hal mengarahkan bola, baik itu ke kanan atau ke kiri.

Namun perlu diketahui juga bahwa setiap teknik pegangan pun ada kelemahannya. Dan untuk American grip ini, biasanya menjadi kurang begitu efektif apabila pemain menggunakannya ketika melakukan pukulan backhand. Tak hanya itu, ketika digunakan bermain net di mana bola ada pada samping kiri dan kanan pun tak akan begitu baik hasilnya.

Forehand Grip

Satu lagi teknik pegangan atau grip yang juga sangat populer dan paling umum digunakan, yakni forehand grip. Untuk dapat bermain dengan baik dan sempurna, bahkan cara memegang raket dengan tipe forehand pun harus dicoba untuk dilatih. Berikut adalah sedikit tips dalam melakukannya:

Peganglah raket dengan posisi yang miring.
Pastikan posisi ibu jari serta telunjuk menempel di bagian pegangan atau handle raket yang kurang luas.
Untuk teknik pegangan satu ini, sangat disarankan untuk tidak boleh mengubah-ubah cara memegangnya.
Pada teknik memegang raket bulu tangkis dengan tipe forehand grip, pemain biasanya bakal melakukan pukulan kok secara lebih mudah, khususnya pada sebelah kanan tubuh. Bahkan keuntungan lainnya lagi adalah bahwa tak perlu sulit-sulit dalam memutar pegangan raket saat hendak melakukan pukulan forehand.

Namun seperti teknik pegangan lainnya, ada pula kelemahan pada cara memegang dengan forehand grip ini. Ketika beralih dari forehand ke backhand, pemain harus melakukan pukulan dengan kekuatan besar terutama kekuatan pada sendi bahu maupun pergelangan tangan. Selain itu, tipe pegangan ini juga akan mempersulit ketika hendak melakukan pengembalian kok tepat di depan net.

Comments are closed.