Pembalap MotoGP dengan Jumlah Start Balap Terbanyak

Pembalap MotoGP dengan Jumlah Start Balap Terbanyak

Pembalap MotoGP dengan Jumlah Start Balap Terbanyak

Pembalap MotoGP dengan Jumlah Start Balap Terbanyak – Balap motor adalah olahraga otomotif yang menggunakan sepeda motor. Balap motor, khususnya road race, cukup populer di Indonesia. Hampir tiap minggu pada berbagai daerah Indonesia even balap motor terselenggarakan. Selain road race, balap motor jenis lain yang cukup sering mereka adakan adalah motorcross, drag bike, grasstrack dan supersport.

Terdapat beragam jenis olahraga yang menggunakan sarana motor balap. Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) adalah badan Internasional yang berfungsi menaungi berbagai jenis kegiatan-kegiatan olahraga balap motor tersebut.kita bisa celaka.

MotoGP seri Catalunya sudah usai pada Minggu (27/9) lalu. Fabio Quartararo sukses menuntaskan balapan sebagai pemenang. Hasil tersebut menambah koleksi download idn poker pc kemenangannya menjadi tiga pada sepanjang musim 2020.

Pada sisi lain, ada rekor yang terus menorehkan oleh pembalap MotoGP yang hingga seri Catalunya masih berkompetisi pada ajang ini. Yup, rekor itu adalah start balap terbanyak sepanjang sejarah gelaran balap motor tersebut.

1. Valentino Rossi (350 kali)

5 Pembalap MotoGP dengan Jumlah Start Balap Terbanyak, Ada Rossi Lho!

Valentino Rossi masih berada di puncak singgasana daftar rekor start balap terbanyak sepanjang sejarah MotoGP. Rider asal Italia itu kini mengoleksi 350 kali start di kelas tertinggi ajang itu. Balapan ke-350 itu Rossi dapatkan pada akhir pekan lalu di Catalunya.

Namun, Pada balapan spesial itu The Doctor harus gigit jari. Ia terjatuh saat balapan tersisa sembilan lap. Ketika itu, ia berada pada posisi kedua dan tengah berjuang mengejar Quartararo yang sedang memimpin.

Jumlah start balap ini akan bertambah seiring masih berlangsungnya gelaran MotoGP di musim 2020 kali ini. Tak lupa, musim depan Rossi masih akan berkiprah bersama Yamaha Petronas SRT sehingga rekor ini akan sulit tersaingi oleh pembalap lain.

2. Alex Barros (245 kali)

5 Pembalap MotoGP dengan Jumlah Start Balap Terbanyak, Ada Rossi Lho!

Alex Barros menempati daftar kedua dalam daftar rekor pembalap dengan start terbanyak di kelas MotoGP. Pembalap kelahiran Sao Paulo tersebut telah mengumpulkan 245 kali start sejak pertama kali terjun di kelas paling tinggi pada 1990 silam.

Sepanjang berkompetisi di kelas MotoGP atau yang dulu masih dikenal dengan kelas 500cc, Barros mencatatkan 32 podium dengan tujuh diantaranya ia duduk sebagai pemenang.

Musim 2007 menjadi akhir cerita Barros di pentas MotoGP. Ia mengakhiri perjalanan di MotoGP dengan mengumpulkan total 115 poin pada musim itu. Sumbangsih poin tersebut menempatkan Barros di posisi kesepuluh klasemen.

3. Andrea Dovizioso (223 kali)

5 Pembalap MotoGP dengan Jumlah Start Balap Terbanyak, Ada Rossi Lho!

Selain Valentino Rossi, Andrea Dovizioso juga masuk dalam daftar rekor satu ini. Hingga GP Catalunya ia telah melewati 223 start balap. Kemungkinan rekor akan bertambah pada enam balapan sisa di musim ini hingga GP Portugal akhir November mendatang.

Meski begitu, masa depan pemenang GP Austria tersebut masih abu-abu. Pasalnya, mulai musim depan Ducati tak memakai jasanya. Dilansir dari crash.net, Ducati telah resmi merekrut Francesco Bagnaia untuk nantinya bertandem dengan Jack Miller.

Adapun tim satelit Pramac Ducati memilih Johann Zarco dan Jorge Martin di musim depan. Praktis, kemungkinan Dovi melanjutkan rekor tersebut bakal sulit terwujud di musim 2021 mendatang.

4. Nicky Hayden (219 kali)

5 Pembalap MotoGP dengan Jumlah Start Balap Terbanyak, Ada Rossi Lho!

Nicky Hayden sudah tutup usia pada 22 Mei 2017. Ia meninggal dunia akibat tertabrak sebuah mobil saat bersepeda di jalanan Rimini, Italia. Ia sempat dirawat selama lima hari di salah satu rumah sakit di Cesena sebelum menghembuskan napas terakhir.

Meski kini sosoknya telah tiada, namun Nicky Hayden tetap dikenang sebagai salah satu rider sukses di MotoGP. Gelar juara berhasil dipersembahkannya pada 2006 bersama Repsol Honda. Nicky Hayden juga tercatat pula sebagai pembalap keempat dengan jumlah start sebanyak 219 kali.

5. Dani Pedrosa (217 kali)

5 Pembalap MotoGP dengan Jumlah Start Balap Terbanyak, Ada Rossi Lho!

Sepanjang karir di semua kelas MotoGP Dani Pedrosa telah merengkuh tiga gelar juara dunia. Satu gelar didapat saat masih berada di kelas 125cc sementara dua sisanya di kelas 250cc. Ketiganya direngkuh berturut-turut dari tahun 2003 hingga 2005.

Selepas itu, rider berjuluk Little Samurai tersebut belum sekalipun meraih gelar juara dunia di kelas MotoGP. Prestasi terbaiknya adalah sebagai runner-up pada 2007, 2010 dan 2012.

Meski begitu, ia tercatat sebagai salah satu legenda di MotoGP serta catatkan rekor salah satunya sebagai rider dengan start terbanyak kelima dengan total 217 kali start balap di kelas MotoGP.

Karena sudah memiliki jam terbang yang tinggi serta teknik yang ciamik, lima pembalap di atas berhasil mengantongi gelar tidaj resmi dengan jumlah start terbanyak di kelas MotoGP. Nah, adakah dari kelimanya merupakan pembalap favorit kamu?

Comments are closed.