Pembalap dengan Jumlah Gelar Terbanyak di Semua Kelas MotoGP

Pembalap dengan Jumlah Gelar Terbanyak di Semua Kelas MotoGP

Pembalap dengan Jumlah Gelar Terbanyak di Semua Kelas MotoGP

Pembalap dengan Jumlah Gelar Terbanyak di Semua Kelas MotoGP – Grand Prix Sepeda Motor (atau juga GP Motor) adalah seri kejuaraan balap motor kelas utama yang diselenggarakan di sirkuit jalanan yang disetujui dan diatur oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Sejumlah ajang balap sepeda motor independen telah digelar sejak awal abad ke-20 dan banyak ajang besar nasional mendapatkan nama Grand Prix. Pada setiap musimnya, MotoGP selalu menghadirkan pembalap berstatus juara dunia di akhir kompetisi.

Dari kelas terendah hingga kelas primer akan selalu muncul juara berdasarkan penghitungan poin di klasemen. Ada beberapa pembalap yang hanya bisa meraih satu gelar Poker Deposit Pulsa XL sepanjang kariernya. Namun, ada pula yang mampu menyabet gelar juara lintas kelas.

1. Giacomo Agostini (15 Gelar)

6 Pembalap dengan Jumlah Gelar Terbanyak di Semua Kelas MotoGP

Giacomo Agostini masih menjadi pembalap yang mampu meraih gelar juara dunia terbanyak pada semua kelas yang diperlombakan di ajang balap MotoGP. Pembalap asal Italia itu meraih total 15 gelar juara sejak melakoni debut pada tahun 1964.

Tujuh gelar juara di kelas 350 cc dan delapan gelar di kelas 500 cc adalah bukti kesuksesan dirinya selama berkiprah di ajang balap motor tersebut. Rekor ini belum bisa dipecahkan hingga saat ini meski Giacomo Agostini sudah pensiun pada tahun 1977 silam.

2. Angel Nieto (13 Gelar)

6 Pembalap dengan Jumlah Gelar Terbanyak di Semua Kelas MotoGP

Selanjutnya, ada nama Angel Nieto yang berada di urutan kedua pembalap peraih gelar juara dunia terbanyak sepanjang sejarah MotoGP di semua kelas. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu sudah mengoleksi 13 gelar. Rinciannya adalah tujuh gelar di kelas 125 cc dan 6 gelar kala berkompetisi di kelas 500 cc.

Uniknya, Angel Nieto menyebut jumlah gelarnya dengan “12+1” lantaran menganggap angka 13 sebagai angka yang tidak membawa keberuntungan. Konsistensinya meraih gelar juara meski di kelas balap yang tergolong kecil membuat namanya bertengger dalam daftar rekor ini.

Perlu di ketahui, nama Angel Nieto dipakai untuk menggantikan nama Aspar Team yang berkompetisi di MotoGP dan Moto3 sebagai bentuk penghormatan kepada sang legenda. Perubahan Ini terjadi pada 2018, setahun setelah meninggalnya Angel Nieto pada 3 Agustus 2017.

3. Valentino Rossi (9 Gelar)

6 Pembalap dengan Jumlah Gelar Terbanyak di Semua Kelas MotoGP

Valentino Rossi kini masih aktif membalap di MotoGP. Di musim 2021 ini, pembalap yang terkenal dengan julukan The Doctor itu akan memperkuat Petronas Yamaha SRT. Hingga kini Rossi sudah mengumpulkan total 9 gelar juara dunia sepanjang kariernya.

Satu gelar masing-masing di kelas 125 cc dan 250 cc serta tujuh gelar di kelas utama. Torehan itu membuat namanya layak di sejajarkan dengan legenda balap lainnya dalam daftar pengumpul gelar juara terbanyak. Akankah gelar juaranya bertambah di musim 2021 ini?

4. Mike Hailwood (9 Gelar)

6 Pembalap dengan Jumlah Gelar Terbanyak di Semua Kelas MotoGP

Pembalap berjuluk Mike-the-Bike ini memiliki jumlah gelar yang sama dengan Valentino Rossi. Bedanya, Mike memperoleh empat gelar 500 cc yang merupakan kelas tertinggi.

Selebihnya, pembalap yang berkiprah di MotoGP sejak 1959 hingga 1967 itu memenangi tiga gelar di kelas 250 cc dan dua titel di kelas 350 cc.

5. Carlo Ubbiali (9 Gelar)

6 Pembalap dengan Jumlah Gelar Terbanyak di Semua Kelas MotoGP

Bukan hanya Mike Hailwood dan Valentino Rossi, Carlo Ubbiali juga memiliki jumlah gelar juara dunia yang sama, yakni sembilan titel juara dunia. Kelas 125 cc menjadi lumbung baginya untuk memperoleh gelar dengan total enam titel juara dunia.

Sementara itu, tiga gelar lainnya di dapatkannya kala berkiprah di kelas 250 cc. Pembalap kelahiran Bergamo, Italia, itu menjalani 12 musim di MotoGP sejak 1949 hingga 1960.

6. Marc Marquez (8 Gelar)

6 Pembalap dengan Jumlah Gelar Terbanyak di Semua Kelas MotoGP

Marc Marquez masuk dalam daftar rekor lewat delapan gelar juara dunia. Satu gelar di kelas 125 cc dan Moto2 serta enam gelar di kelas “para raja” menempatkannya berada di posisi keenam. Peluang untuk menambah gelar pun masih terbuka untuknya di masa mendatang.

Namun, kondisi cederanya saat ini usai kecelakaan di seri pembuka MotoGP 2020 di Jerez membuat peluangnya bergabung pada balapan di musim 2021 ini masih menjadi tanda tanya. Belum ada kepastian kapan Marquez akan kembali ke lintasan.

Keenam pembalap tersebut sudah membuktikan kehebatannya di atas lintasan melalui sejumlah gelar yang di peroleh. Bukan perkara mudah untuk memperolehnya sebab ada kerja keras tanpa henti dari semua pihak agar gelar dapat di genggam di akhir musim.

Comments are closed.