Para Pemenang Balapan MotoGP 2020 yang Seru Hingga Seri Akhir

Para Pemenang Balapan MotoGP 2020 yang Seru Hingga Seri Akhir

Para Pemenang Balapan MotoGP 2020 yang Seru Hingga Seri Akhir

Para Pemenang Balapan MotoGP 2020 yang Seru Hingga Seri Akhir – Kejuaraan Dunia MotoGP atau kerap di sebut sebagai MotoGP saja atau nama resminya FIM MotoGP World Championship adalah kelas utama dari seri balapan Grand Prix Sepeda Motor. Dulunya kelas ini di kenal dengan nama kelas 500cc atau biasa di sebut GP500 yang pertama kali di gelar sejak musim 1949.

Usai sudah perjalanan MotoGP musim 2020 ini. Seri pamungkas yang di gelar di sirkuit internasional Algarve, Portimao, Portugal pada Minggu (22/11) adalah penanda berakhirnya musim balap “unik” yang di gelar di tengah pandemi.

Hasil akhir GP Portugal juga membanggakan publik tuan rumah. Pebalap KTM Tech3, Miguel Oliveira, sukses mempersembahkan kemenangan di negara sendiri. Jack Miller dan Franco Morbidelli membuntuti di posisi kedua dan ketiga. Bicara soal pebalap yang memenangi seri balap di musim 2020, tercatat ada sembilan pebalap berbeda yang mampu tuntaskan poker deposit pulsa 10rb balapan sebagai jawara.

1. Fabio Quartararo

9 Pemenang Balapan MotoGP 2020, Seru Hingga Seri Akhir!

Fabio Quartararo sukses mengoleksi tiga kemenangan selama gelaran MotoGP 2020. Pebalap asal Prancis itu mendapatkannya di GP Spanyol, Andalusia, serta Catalunya. Total, ia berhasil tiga kali naik podium berkat tiga kali finis sebagai yang pertama.

Namun, hasil bagusnya itu tidak cukup mengantarnya sebagai juara dunia. Hasil inkonsisten di balapan lainnya membuat ia tak mampu memaksimalkan keunggulan dari sisi jumlah kemenangan. El Diablo harus puas mengakhiri musim di peringkat ke-8 klasemen dengan 127 poin.

2. Franco Morbidelli

9 Pemenang Balapan MotoGP 2020, Seru Hingga Seri Akhir!

Rekan setim Fabio Quartararo di Petronas Yamaha SRT Team, yakni Franco Morbidelli juga mengumpulkan tiga kemenangan. Ia meraihnya saat GP San Marino, Teruel, dan Valencia. Keduanya pun bernasib sama, yakni mengakhiri musim tidak sebagai juara dunia.

Bedanya, Morbidelli sukses bercokol sebagai runner-up klasemen akhir. Pebalap kelahiran Roma, Italia, itu juga mendapatkan penghargaan sebagai MotoGP Best Independent Rider. Selamat, Frankie!

3. Miguel Oliveira

9 Pemenang Balapan MotoGP 2020, Seru Hingga Seri Akhir!

Tidak hanya Yamaha Petronas SRT Team sebagai tim satelit saja yang unjuk gigi, Tech3 KTM juga turut serta dengan Miguel Oliveira sebagai andalannya. Pebalap asal Portugal tersebut menyumbangkan dua kemenangan pada GP Styria dan GP Portugal.

Dua balapan yang dimenanginya sangatlah spesial. Saat memenangi GP Styria, Oliveira juga berhak membawa pulang satu unit mobil BMW M8 dalam balapan edisi khusus yang disponsori perusahaan otomotif tersebut.

Kemenangan keduanya di penghujung musim juga istimewa sebab terjadi di negaranya sendiri. Di akhir musim, Oliveira finis di posisi sembilan dengan 125 poin.

4. Joan Mir

9 Pemenang Balapan MotoGP 2020, Seru Hingga Seri Akhir!

Joan Mir sukses mengunci gelar juara dunia di GP Valencia. Poinnya tak bisa dikejar lagi oleh pesaingnya di klasemen pebalap. Ia berhasil gelar tersebut meski hanya memenangkan satu balapan saja pada GP Eropa di Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Meski hanya mengantongi satu kemenangan, Mir konsisten finis di deretan depan dan minim masalah saat balapan. Total dari 14 balapan yang dilangsungkan pebalap berusia 23 tahun itu tujuh kali naik podium. Tak salah ia mendapat julukan sebagai Mr. Consistency.

5. Andrea Dovizioso

9 Pemenang Balapan MotoGP 2020, Seru Hingga Seri Akhir!

Andrea Dovizioso mengumumkan dirinya akan cuti dari gelaran MotoGP pada 2021 mendatang. Ini sekaligus mengakhiri perjalanan selama delapan musim memperkuat Ducati. Meski begitu, pembalap asal Italia itu tidak pergi dengan tangan kosong di musim ini.

Dovi berhasil keluar sebagai pemenang pada balapan seri Austria di Red Bull Ring. Sepanjang 14 balapan di musim 2020 ia juga naik podium dua kali dan bercokol di peringkat keempat klasemen pebalap dengan 135 poin.

6. Danilo Petrucci

9 Pemenang Balapan MotoGP 2020, Seru Hingga Seri Akhir!

Setali tiga uang dengan Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci juga tak lagi bersama Ducati di musim 2021 mendatang. Bedanya, Petrucci akan memperkuat Tech3 KTM bersama dengan Iker Lecuona.

Di akhir kerja sama dengan Ducati, Petrux, julukan Petrucci, masih bisa mempersembahkan sebuah kemenangan. Ia mendapatkannya saat GP Prancis yang berlangsung di sirkuit Le Mans.

Meski sama-sama mengoleksi satu kemenangan, nyatanya nasib Petrucci tidak lebih baik dari Dovi pada posisi akhir di klasemen. Ia harus puas berada di peringkat ke-12 dengan 78 poin.

7. Maverick Vinales

9 Pemenang Balapan MotoGP 2020, Seru Hingga Seri Akhir!

Sejak kepindahannya dari Suzuki Ecstar ke Monster Energy Yamaha pada 2017, musim 2020 adalah musim terburuk bagi Maverick Vinales. Betapa tidak, ia hanya bisa raih satu kemenangan pada musim ini, yakni di GP Emilia Romagna dan tiga kali naik podium.

Hasil kurang apik tersebut menempatkan pebalap bernomor motor 12 tersebut terlempar dari jajaran lima besar. Ia ada di posisi keenam lewat kumpulan poin sebanyak 132. Padahal, selama tiga musim sebelumnya berturut-turut Vinales selalu berada di lima besar.

8. Alex Rins

9 Pemenang Balapan MotoGP 2020, Seru Hingga Seri Akhir!

Berbanding terbalik dari Maverick Vinales, Alex Rins justru menuai hasil akhir mengesankan dalam empat musim kebersamaannya dengan Suzuki. Meski jumlah kemenangannya hanya satu pada GP Aragon, Rins bisa mengakhiri musim sebagai pebalap tiga besar.

Musim depan Rins masih memperkuat Suzuki. Itu akan menjadi musim kelima kerja sama keduanya di kelas utama. Pebalap asal Spanyol itu juga masih akan satu tim dengan juara dunia 2020, Joan Mir.

9. Brad Binder

9 Pemenang Balapan MotoGP 2020, Seru Hingga Seri Akhir!

Musim 2020 menjadi debut Brad Binder setelah berkompetisi di Moto2. Di awal perjalanannya di kelas utama, pebalap KTM Factory Racing tersebut rupanya bisa meraup kemenangan perdana.

Hasil positif pada GP Ceko yang digelar di Brno membuatnya menjadi pebalap Afrika Selatan pertama yang memenangkan sebuah balapan di MotoGP. Musim depan ia akan bertandem dengan Miguel Oliveira yang naik kelas ke tim pabrikan KTM.

MotoGP musim 2020 berhasil membuat kejutan demi kejutan dalam setiap seri. Sembilan pemenang berbeda dalam 14 seri balap adalah bukti anomali yang terjadi dalam gelaran di kelas utama

Comments are closed.