Isu Reshuffle Merebak, DPR Nilai Kinerja Nadiem Makarim Bagus

Isu Reshuffle Merebak, DPR Nilai Kinerja Nadiem Makarim Bagus

Isu Reshuffle Merebak, DPR Nilai Kinerja Nadiem Makarim Bagus

Di lansir dari ffmc-74.org, pemerintah mengisyaratkan ada reshuffle kabinet Indonesia Maju. Bahkan kabarnya Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan mengumumkan penggantian menteri pada pekan ini.

Anggota Komisi X DPR Andreas Hugo Pareira mengatakan reshuffle berkaitan dengan penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Di kutip dari IDN Poker APK, “Sehingga sebenarnya reshuffle ini tidak ada kaitan dengan kinerja menteri, apalagi Mendikbud,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang di terima, Kamis (15/4/2021).

1. Kinerja Nadiem di anggap bagus dan penuh terobosan

Politisi PDI Perjuangan ini menilai kinerja Mendikbud Nadiem Makarim bagus. Bahkan, ia melihat Nadiem sedang mempersiapkan terobosan-terobosan dalam dunia pendidikan.

“Dengan merdeka belajar, kampus merdeka dan peningkatan status guru-guru honorer. Saya tidak melihat urgensi dan relevansi untuk reshuffle Nadiem,” ungkapnya.

2. KSP isyaratkan reshuffle kabinet

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin juga mengisyaratkan reshuffle. Menurut dia, Presiden Joko “Jokowi” Widodo bisa saja mengumumkan penggantian menteri pada pekan ini.

“Bagaimana keputusan-keputusan yang di ambil presiden tidak membutuhkan waktu lama, makanya dalam pekan-pekan ini kita tunggu, tidak mustahil dalam pekan ini (reshuffle),” ujar Ngabalin saat di hubungi, Selasa (13/4/2021).

3. Ngabalin tidak menyebutkan berapa menteri yang akan di ganti

Ngabalin tidak berkomentar banyak saat di tanyai berapa menteri yang kemungkinan akan kena reshuffle. Begitu pun dengan menteri mana saja yang masuk daftar. Dia meminta publik menunggu keputusan Presiden Jokowi.

“Artinya begini, kalau nanti presiden menggangap satu, dua, menteri harus di geser, harus di ganti, tidak ada yang bisa halangi presiden, karena hal itu hak prerogatif presiden. Beliau lakukan apa saja di jamin UUD kan. Jadi kata kuncinya kita tunggu sajalah,” kata Ngabalin.

4. Menristek Bambang Brodjonegoro isyaratkan pamit dari kabinet

Menurut Ngabalin, keputusan Jokowi akan melakukan reshuffle karena Menristek Bambang Brodjonegoro telah memberikan isyarat untuk pamit. Sehingga, akan ada kekosongan jabatan.

“Pak Jokowi kan dalam kepemimpinannya hampir tidak ada yang tidak cepat, semua keputusan cepat, kemudian sudah begitu tidak tertunda-tunda,” kata Ngabalin.

Comments are closed.