Gerakan Olahraga yang Cocok dan Aman untuk Ibu Hamil

Gerakan Olahraga yang Cocok dan Aman untuk Ibu Hamil

Gerakan Olahraga yang Cocok dan Aman untuk Ibu Hamil

Gerakan Olahraga yang Cocok dan Aman untuk Ibu Hamil – Kehamilan adalah keadaan saat seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Dalam kehamilan dapat terjadi banyak gestasi (misalnya, dalam kasus  kembar, atau triplet/kembar tiga).

Saat hamil, perempuan harus melakukan usaha ekstra dalam menjaga kesehatan, salah satunya dengan rutin berolahraga. Olahraga selama kehamilan memberikan manfaat menakjubkan, seperti meningkatkan mood,  kualitas tidur, mengurangi rasa sakit dan nyeri, juga mempersiapkan ibu hamil untuk melahirkan.

Meskipun begitu, pilihan olahraga untuk ibu hamil tidak sebebas orang-orang pada umumnya. Salah pilih olahraga, misalnya Link Alternatif Club388 olahraganya terlalu berat, malah berisiko membahayakan ibu hamil maupun janin.

1. Bersepeda

Banyak Manfaatnya, Ini 5 Olahraga yang Cocok dan Aman untuk Ibu Hamil

Bersepeda adalah latihan aerobik berdampak rendah yang bagus untuk ibu hamil. Namun, seiring membesarnya perut, keseimbangan tubuh ibu hamil akan berubah, yang berarti lebih berpotensi untuk terjatuh.

Jika kamu sudah terbiasa bersepeda, sebenarnya aman-aman saja untuk melanjutkannya selama kehamilan. Namun, bila kamu merasa kurang stabil dari biasanya, sebaiknya beralih ke sepeda statis atau tidak bersepeda dulu untuk sementara waktu.

2. Yoga prenatal

Banyak Manfaatnya, Ini 5 Olahraga yang Cocok dan Aman untuk Ibu Hamil

Yoga menawarkan banyak manfaat bagi ibu hamil, seperti pembuka pinggul untuk kelenturan melahirkan, peregangan untuk membantu meringankan sakit punggung saat hamil, memberikan keseimbangan mental, dan menghilangkan stres saat hormon tidak stabil.

Supaya sesi yoga selama kehamilan berjalan lancar, carilah kelas yang secara khusus ditujukan untuk ibu hamil atau berlatihlah di studio.

Jangan lupa beri tahu instruktur bahwa kamu sedang hamil dan mungkin perlu pose atau modifikasi opsional.

3. Pilates

Banyak Manfaatnya, Ini 5 Olahraga yang Cocok dan Aman untuk Ibu Hamil

Pilates merupakan latihan kehamilan yang dapat kamu lakukan di setiap trimester. Gerakan Pilates cocok untuk membangun stamina yang dibutuhkan saat melahirkan dan mengikuti perkembangan si Kecil.

Latihan pilates selama kehamilan dapat memperkuat inti, sehingga nantinya kamu dapat mengejan lebih efektif pada hari persalinan. Sebagai bonus, kadang pilates mempraktikkan latihan Kegel, yang mana ini bisa membuat kandung kemih jadi lebih terkontrol pascapersalinan.

4. Olahraga air

Banyak Manfaatnya, Ini 5 Olahraga yang Cocok dan Aman untuk Ibu Hamil

Berenang, aerobik air, dan berjalan atau lari di dalam air dapat memompa jantung, sedangkan air membantu mengurangi ketidaknyamanan. Air yang tidak berbobot dapat meredakan nyeri sendi, sementara tekanan air dapat membantu menghilangkan retensi air di tubuh.

Berolahraga di dalam air mampu menopang perut dan tidak akan membebani punggung. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung tanpa membebani sendi dan ligamen. Ditambah, kelas aquanatal sangat populer dan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk bertemu dengan calon ibu lainnya.

5. Jalan kaki

Banyak Manfaatnya, Ini 5 Olahraga yang Cocok dan Aman untuk Ibu Hamil

Jalan kaki juga merupakan latihan kehamilan kardio yang bagus. Kamu dapat berjalan-jalan di sekitar lingkungan atau mengitari trek dengan ibu hamil lainnya.

Jika kamu merasa kurang memiliki waktu untuk sekadar berjalan-jalan, pisahkan dengan mengambil jeda jalan kaki singkat sepanjang hari. Tiga kali berjalan kaki selama 10 hingga 15 menit sepanjang hari lebih baik daripada tidak melakukan olahraga sama sekali.

Perlu diingat, hindari memaksakan diri terlalu keras karena dapat membuat kamu kepanasan, yang tidak baik untuk bayi. Juga, jangan lupa konsultasikan pada dokter maupun bidan untuk mengetahui detail soal jenis olahraga yang bisa kamu lakukan selama kehamilan sesuai dengan kondisimu.

Comments are closed.