Ducati Resmi Rilis Motor Baru untuk MotoGP 2021

Ducati Resmi Rilis Motor Baru untuk MotoGP 2021

Ducati Resmi Rilis Motor Baru untuk MotoGP 2021

Ducati Resmi Rilis Motor Baru untuk MotoGP 2021 – Ducati Motor Holding S.p.A merupakan salah satu perusahaan produsen sepeda motor terkemuka asal Italia. Mereka adalah salah satu dari 2 pionir lainnya bersama dengan Harley-Davidson dan BMW. Sejak tahun 1970 Ducati selalu memproduksi sepeda motor dengan mesin desmodromic valve timing L-twin dan rangka teralis.

Jelang dimulainya MotoGP musim 2021 sejumlah tim tengah mempersiapkan berbagai hal. Salah satu yang pasti dilakukan ialah meluncurkan seri motor terbaru. Ducati menjadi tim kedua yang telah luncurkan motor baru setelah Avintia Esponsorama pada 5 Februari lalu.

Digelar pada 9 Februari waktu setempat, tim asal Italia tersebut memperkenalkan Link Alternatif Club388 Desmosedici seri terbaru yang bakal dipakai oleh Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Berikut ini beberapa faktanya.

1. Diberi nama Desmosedici GP21, warna merah khas Ducati kian mendominasi

Ducati Resmi Rilis Motor Baru untuk MotoGP 2021, Begini Tampilannya! 

Desmosedici GP21, itulah nama motor baru Ducati guna mengarungi kerasnya persaingan di musim 2021. Warna merah khas tim yang berbasis di Borgo Panigale, Bologna, ini kian mendominasi setelah pada musim sebelumnya terdapat aksen hitam dan krom pada body Desmosedici GP20.

Kata ‘Mission Winnow’ yang terdapat pada body kiri dan kanan motor kini berganti dengan Lenovo. Perusahaan teknologi asal Tiongkok ini secara resmi menjadi sponsor titel bagi tim tersebut. Kerjasama keduanya sudah terjalin pada 2018 dan baru pada tahun ini statusnya naik menjadi title partner.

2. Perkenalkan dua pembalap baru, Pecco Bagnaia dan Jack Miller

Ducati Resmi Rilis Motor Baru untuk MotoGP 2021, Begini Tampilannya! 

Tidak hanya meluncurkan Desmocedisi GP21, Ducati juga memperkenalkan dua pembalap baru mereka. Francesco ‘Pecco’ Bagnaia dan Jack Miller kembali menjadi berada di satu tim yang sama di musim 2021.

Sebelumnya, keduanya memperkuat tim satelit Pramac Ducati di musim 2020 lalu. Musim ini mereka berkesempatan memperkuat tim utama. Ini menjadi momen menyenangkan bagi keduanya.

“Ini menjadi musim yang signifikan untukku sebab untuk pertama kalinya aku akan mengenakan warna tim resmi. Saya bangga bisa memperoleh tujuan pertama saya dan tahun ini saya akan arahkan pandangan untuk hasil yang lebih besar”, ungkap Bagnaia di kutip dari motogp.com

3. Tak banyak bawa perubahan di banding motor edisi sebelumnya

Ducati Resmi Rilis Motor Baru untuk MotoGP 2021, Begini Tampilannya! 

Meski luncurkan motor baru, Ducati menyatakan bahwa tak ada perubahan berarti pada Desmosedici GP21. Dengan adanya aturan penghematan biaya akibat pandemi COVID-19 membuat manufaktur di MotoGP termasuk Ducati tak bisa maksimal dalam melakukan sejumlah pengembangan.

Ini termasuk soal modifikasi mesin yang tidak di izinkan untuk seluruh tim di MotoGP. Spesifikasi yang ada pada motor baru hampir sama dengan yang ada pada musim lalu. Meski begitu, Ducati tetap melakukan perubahan kecil pada sasis dan aerodinamika.

4. Optimisme Ducati arungi musim 2021 bersama dua pembalap anyar

Ducati Resmi Rilis Motor Baru untuk MotoGP 2021, Begini Tampilannya! 

Kehadiran Pecco Bagnaia dan Jack Miller di tim utama Ducati membawa optimisme pada tim yang musim lalu meraih gelar tim terbaik berdasarkan poin akhir di klasemen tim.

General Manager Ducati Luigi Dall’Igna menyebut dengan komposisi pembalap seperti saat ini membuat Ducati punya peluang pertahankan gelar tim terbaik, bahkan merengkuh gelar juara dunia.

“Keduanya punya bakat luar biasa, mereka masih muda, tetapi memiliki banyak pengalaman mengendarai motor kami. Jack dan Pecco punya potensi besar, dan aku pikir kita bersama dapat bertarung tak hanya untuk pertahankan titel juara konstruktor, tetapi juga bisa bidik gelar juara dunia pembalap”, kata Luigi Dall’Igna.

5. Susunan pembalap Ducati dari tim utama hingga tim satelit

Ducati Resmi Rilis Motor Baru untuk MotoGP 2021, Begini Tampilannya! 

Selain Jack Miller dan Pecco Bagnaia ada empat pembalap yang juga akan memperkuat Ducati di musim 2021. Bedanya, empat lainnya memperkuat tim satelit. Ada pun susunannya sebagai berikut.

  • Ducati Lenovo Team: Jack Miller dan Pecco Bagnaia
  • Pramac Ducati:  Johann Zarco dan Jorge Martin
  • Avintia Esponsorama: Enea Bastianini dan Luca Marini

Balapan perdana MotoGP 2021 bakal berlangsung di Losail, Qatar pada 28 Maret mendatang. Sebelum itu, para pembalap di kelas utama akan jalani sesi tes pramusim di lokasi yang sama pada 6 Maret 2021.

Comments are closed.