Cara Pengelolaan Keuangan dengan Cermat demi Masa Depan

Cara Pengelolaan Keuangan dengan Cermat demi Masa Depan

Cara Pengelolaan Keuangan dengan Cermat demi Masa Depan,Banyak orang yang merasa ‘kaya’ setiap kali gaji masuk di awal bulan. Alhasil, gaji pun habis dinikmati dengan foya-foya tanpa memikirkan beban masa depan. Namun ketika memasuki pertengahan hingga akhir bulan, isi dompet kering kerontang dan penghematan harus dilakukan. Nah, pengalaman seperti itu bisa saja terjadi jika kamu belum tahu cara pengelolaan keuangan dengan benar dan cermat. Yang telah kita rangkum dalam FFMC-74

yang disupport oleh Download IDNPlay

Tatacara Dan Syarat Penukaran Uang | Indozone.id

Apakah kamu sudah tahu tentang pengertian pengelolaan keuangan? Pengelolaan keuangan adalah sebuah kegiatan yang meliputi perencanaan, pembuatan anggaran, pemeriksaan, pengendalian, pencarian, langkah penyimpanan dana, hingga perlindungan yang dilakukan untuk mencapai suatu kondisi finansial yang terjamin. Hal ini tidak hanya berlaku bagi organisasi atau perusahaan, tapi juga dapat diterapkan untuk kondisi keuangan pribadi.

Ketika kamu tidak mengetahui cara mengelola uang dengan baik, tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berbagai pikiran dan tekanan akan menghantui setiap hari. Bahkan, goals finansial yang kamu rencanakan tidak akan tercapai.

Lantas pertanyaannya, mengapa harus mengetahui cara mengatur keuangan? Tentu untuk menghindari terjadinya kondisi defisit dalam keuangan. Baik mengatur pengelolaan keuangan pribadi, keluarga, bahkan keuangan usaha sekalipun. Lalu apa yang harus dilakukan agar terhindar dari kondisi defisit tersebut?

Buat Anggaran Pengeluaran Bulanan

Terjadinya kondisi defisit keuangan bisa terjadi karena gaya hidup yang cenderung boros. Hal ini terjadi ketika kamu menggunakan uang untuk keinginan, bukan kebutuhan. Cara pengelolaan keuangan yang pertama adalah dengan membuat anggaran pengeluaran bulanan. Hitung seluruh pendapatan bulanan yang kamu terima (baik dari pekerjaan utama, ataupun di luar pekerjaan tersebut). Untuk pendapatan lain seperti bonus dan lembur yang sifatnya tidak tetap tidak perlu dihitung. Nantinya pendapatan tersebut digunakan untuk pemenuhan keinginan kamu, bukan kebutuhan.

Langkah selanjutnya dalam metode mengatur keuangan dengan membuat anggaran pengeluaran bulanan adalah sebagai berikut:

  • Gunakan alat tulis atau gadget untuk menghitung serta mengubah anggaran, sembari mengecek buku nota cek dan kartu kredit agar tidak ada yang terlewat.
  • Kemudian susun setiap anggaran pengeluaran bulanan. Bagi menjadi dua bagian anggaran, yaitu pendapatan dan beban. Jika sebelumnya sudah kamu hitung, berarti kamu tinggal mengisinya saja.
  • Kurangi pendapatan baru dengan biaya total keseluruhan. Ini dilakukan untuk melihat selisih angka positif guna mengetahui bahwa anggaran seimbang (antara pendapatan dan pengeluaran sama).
  • Jika selisih menunjukkan angka negatif, cobalah untuk membuat penyesuaian dengan menghilangkan beban yang tidak terlalu penting.
  • Simpan dengan baik salinan anggaran pengeluaran bulanan kamu untuk jaga-jaga di kemudian hari.

Usahakan agar total anggaran pengeluaran bulanan kamu tidak melebihi total pendapatan bulanan kamu. Hal ini untuk menghindari terjadinya lilitan hutang di kemudian hari.

Atur Gaji dengan Prinsip 50-20-30

Selain membuat anggaran pengeluaran bulanan, terdapat juga cara mengelola keuangan lainnya dengan menggunakan rumus. Lalu, apa dan bagaimana rumus mengatur keuangan yang baik dan benar? Yaitu dengan mengatur gaji menggunakan prinsip 50-20-30. Bagi gaji menjadi tiga bagian dengan masing-masing persentase 50%, 20%, dan 30%.

Contoh cara pengelolaan keuangan dengan prinsip 50-20-30 sebagai berikut:

  • 50% bagian untuk kebutuhan pokok atau primer. Kebutuhan pokok mendapat bagian persentase lebih besar karena untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.
  • 20% bagian untuk tabungan. Dengan adanya tabungan, kamu akan lebih siap jika terjadi hal tak terduga di masa depan.
  • 30% bagian pemenuhan keinginan. Memberikan bagian atau porsi untuk pemenuhan keinginan perlu untuk dilakukan agar tidak mengganggu pos pengeluaran lainnya.

Dengan rumus mengatur keuangan tersebut, kamu akan lebih mudah dalam mempraktekkan cara pengelolaan keuangan dengan cermat.

Buang Kebiasaan Hidup dari Gaji ke Gaji

Hidup dari gaji ke gaji adalah kebiasaan jaman dulu. Saat kamu tahu cara mengelola uang dengan tepat, kamu tidak akan lagi menerapkan kebiasaan tersebut. Cara mengelola gaji 2 hingga 3 juta pun akan menjadi mudah ketika tahu prinsipnya.

Beberapa cara pengelolaan keuangan berikut ini dapat kamu terapkan agar terhindar dari kebiasaan hidup dari gaji ke gaji.

  • Buatlah anggaran pengeluaran setiap bulannya. Anggaran ini dapat membantu untuk merencanakan pengeluaran serta memanfaatkan pendapatan yang diterima dengan lebih optimal.
  • Pastikan kamu tahu kemana saja perginya pengeluaran kamu setiap bulan. Catat dengan rinci setiap pengeluaran agar kamu lebih mudah untuk mengevaluasi pengeluaran setiap bulan.
  • Pangkas segala pengeluaran yang tidak penting, seperti kebiasaan minum kopi di kafe, belanja baju, atau transfer antar bank. Pengeluaran tersebut memang terasa kecil, namun lumayan jika dikumpulkan dan ditabung.
  • Jika memungkinkan, tingkatkan lagi pendapatan kamu di setiap bulannya.

Hal terpenting dalam cara pengelolaan keuangan ialah mengubah mindset kamu tentang gaji atau uang sehingga kamu jauh lebih mudah dalam mengatur keuangan. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak menerapkan cara mengatur keuangan meski gaji terbatas sebesar 2 juta.

Rencanakan Proyeksi atau Gambaran Diri di Masa Tua Saat Berusia 60 Tahun ke Atas

Pernahkah kamu berpikir bagaimana kondisi kehidupan kamu nanti di masa tua, apakah akan tenang tanpa memikirkan beban apapun? Atau justru akan kesulitan? Tentu semua orang tidak ingin di masa tuanya nanti menjadi beban bagi anak serta cucunya. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu perlu merencanakan gambaran atau proyeksi diri di masa tua.

Terdapat dua cara yang bisa kamu ambil untuk masa tua nanti, yaitu dengan financial planning dan usaha. Financial planning dilakukan dengan berinvestasi dan mempersiapkan dana pensiun. Pertimbangkan sumber dana pensiun, rencana cadangan untuk kesehatan, serta rencana waris seperti distribusi aset. Dengan cara tersebut, proyeksi pensiun sudah siap dalam jangka panjang.

Cara yang kedua adalah dengan usaha atau berbisnis. Disarankan untuk memiliki usaha atau berinvestasi di usaha milik kerabat setidaknya 5 tahun sebelum pensiun. Cara mengelola keuangan perusahaan secara ini dinilai cukup efektif bagi masa tua nanti.

Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Memikirkan dana pensiun sebaiknya dilakukan sejak kamu masih muda sebagai langkah pengelolaan keuangan terbaik. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya permasalahan keuangan dalam hidup kamu nantinya ketika sudah pensiun. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengelola keuangan pribadi untuk mempersiapkan dana pensiun seperti:

  • Menyisihkan beberapa bagian setiap bulannya untuk ditetapkan sebagai persiapan dana pensiun.
  • Jika memungkinkan, tingkatkan lagi jumlah dana pensiun bulanan di setiap tahunnya.
  • Jangan campur dana pensiun dengan dana lainnya untuk menghindari terpakainya dana pensiun tersebut.
  • Lakukan investasi dengan dana pensiun tersebut, agar dana lebih berkembang.
  • Jika perlu, ikuti program penawaran dana pensiun dari pemerintah dan bank.

Satu hal yang pasti, jangan pernah menunda dalam mempersiapkan dana pensiun sejak dini ya.

Siapkan Dana Darurat untuk Keperluan Mendesak

Tidak hanya dana pensiun yang perlu kamu persiapkan. Dana darurat juga harus kamu siapkan untuk dipakai ketika ada keperluan mendesak. Nah, bagaimana cara mengatur dan mengelola keuangan yang baik dan benar? Untuk mempersiapkan dana darurat, simak cara di bawah ini:

  • Mulailah untuk menabung atau berinvestasi. Bisa dalam bentuk deposito, perhiasan, ataupun logam mulia.
  • Jika memungkinkan, cari pendapatan tambahan. Baik itu berbisnis, freelance, atau lainnya.
  • Sebisa mungkin pangkas pengeluaran yang berhubungan dengan lifestyle atau keinginan sesaat.
  • Menyisihkan dana sekitar 50% (atau menyesuaikan kesanggupan) secara konsisten.
  • Bagi kamu yang sudah berkeluarga, sebaiknya gunakan metode cost sharing dengan pasangan kamu.

Kunci untuk cara pengelolaan keuangan untuk persiapan dana darurat adalah mengalokasikan dana dengan bijak dan wajar, serta sebisa mungkin menghindari hutang.

Miliki Asuransi Sebagai Perlindungan atau Jaring Pengaman Bagi Kondisi Finansial

Cara Pengelolaan Keuangan dengan Cermat demi Masa Depan,Beberapa dari kamu mungkin ada yang masih belum mengerti fungsi dan manfaat dari asuransi. Asuransi sendiri bisa dikatakan sebagai bentuk perlindungan atau jaring pengaman dalam hal finansial. Maksudnya adalah ketika di masa depan atau masa yang akan datang terjadi hal buruk yang mengharuskan kamu mengeluarkan biaya cukup besar sebagai bentuk bayar kerugian, kamu tidak perlu membayarkan hal itu secara penuh jika memiliki asuransi. Nantinya pihak asuransi yang akan membayarkan ganti rugi tersebut.

Tentu asuransi sangat penting bagi kondisi finansial kamu. Terlebih jika berhubungan dengan kesehatan, jiwa, maupun kendaraan. Ketiga kategori tersebut memiliki risiko paling tinggi terhadap kejadian tak terduga di masa depan.

cara pengelolaan keuangan dengan cermat yang dapat kamu lakukan. Dengan cara-cara tersebut, kamu dapat memperoleh goals atau tujuan finansial yang kamu cita-citakan. Nah, jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai pengelolaan keuangan pribadi

Comments are closed.