7 Cara Meningkatkan Omset Penjualan

7 Cara Meningkatkan Omset Penjualan

7 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Ingin tahu cara meningkatkan omset penjualan anda di tahun ini? Salah satu parameter penting dalam bisnis adalah seberapa besar omset yang diperoleh. Pemilik bisnis mesti mengetahui secara akurat seberapa besar omset yang dia dapatkan secara berkala.

Selanjutnya, pebisnis juga harus memahami tentang bagaimana cara menaikkan omset penjualan. Berhasilnya sebuah bisnis dapat dilihat berdasarkan tingginya penjualan. Semakin tinggi penjualan, maka akan semakin banyak keuntungan yang didapatkan.

Pemilik bisnis harus mengoptimalkan potensi aset yang dimiliki, agar usaha yang dijalankannya memperoleh hasil yang maksimal.

Pengertian Omset

5 Cara Meningkatkan Omzet Bisnis Online Dengan Mudah

IDN POKER APK

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara meningkatkan omset penjualan, tentu kita harus tahu secara pasti mengenai pengertian omset.

Jika kita merujuk pada wikipedia, maka yang dimaksud omset itu sama dengan omzet. Jadi menggunakan huruf z bukan huruf s. Yaitu jumlah uang hasil penjualan barang (dagangan) tertentu selama suatu masa jual. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian omset.

Apa Itu Profit?

Profit adalah surplus yang tersisa setelah total biaya dikurangkan dari total pendapatan. Atau bisa juga diartikan selisih antara seluruh pendapatan penjualan perusahaan (omset) dengan biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan.

Dari pengertian omset di atas kita dapat menyimpulkan bahwa untuk menghitung omset maka kita harus tahu berapa total penjualan kita. Untuk itu maka cara menghitungnya menjadi sederhana :

Cara Menghitung Omset

https://ffmc-74.org/

Omset = jumlah produk terjual x harga produk

Sederhana bukan? Namun untuk bisnis yang menjual lebih dari satu jenis produk atau memilih variasi harga yang berbeda maka perhitungannya harus disesuaikan.

Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana caranya meningkatkan omset penjualan sebuah perusahaan ? Berikut ini beberapa cara agar omset penjualan bisnis yang sedang kita jalankan bisa semakin maksimal.

Cara Meningkatkan Omset Penjualan

Dambil dari rumus perhitungan datas, maka secara logis dapat kita simpulkan bahwa cara untuk menaikkan omset penjualan cuma ada dua cara. Yaitu meningkatkan jumlah produk terjual dan atau meningkatkan harga produk.

Namun  tentu anda tetap akan bertanya, bagaimana caranya? Tidak mungkin kita dapat meningkatkan jumlah produk terjual tanpa ada strategi khusus. Begitu juga dengan harga, jika kita menaikkan harga tanpa persiapan, maka justru bisa menurunkan omset.

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan omset anda.

Perkuat Brand Anda

https://ffmc-74.org/

Menurut survei yang dlakukan oleh Neilsen ketahui bahwa 60% konsumen dengan koneksi internet lebih suka membeli produk baru dari brand yang telah mereka kenal.

Fakta d atas membuat brandng menjad hal yang wajib untuk anda lakukan.

Tanpa brand yang kuat, maka umumnya persaingan akan langsung mengarah ke satu titik, yaitu persaingan harga. Jika sudah terjadi seperti itu, tentulah anda tidak dapat berharap banyak untuk peningkatan omset.

Tapi jika anda membangun brand dengan baik, maka dengan mudah dapat keluar dari persaingan harga itu. Harga pun dapat dtetapkan lebih tinggi.

Sebagai contoh jika anda berbisnis hijab, jika menjual tanpa brand maka tentu akan langsung bersaing harga. Tapi jika anda menggunakan brand, maka persaingan dapat dalihkan ke kualiitas produk atau kualitas pelayanan.

Untuk pembahasan lebih mendalam mengenai brandng, silakan baca artikel berikut.

Menerapkan SEO (Search Engine Optimization)

Salah satu cara meningkatkan traffic adalah dengan menerapkan SEO. Traffic adalah istilah yang dgunakan untuk kunjungan web.

TUJUAN : meningkatkan jumlah produk terjual.

Jika saat ini jumlah kunjungan web anda 10.000/bulan dan mampu menghasilkan penjualan 100 produk. Maka secara sederhananya, jika kita mampu meningkatkan trafficnya menjad 20.000 kunjungan perbulan maka tentu penjualan anda juga akan meningkat menjadi dua kali lipat.

Dengan metode ini akan membuat bisnis anda dapat tampil pada urutan pertama pada halaman hasil pencarian Google.

Satu hal yang penting untuk dketahui bahwa, 98% pencari akan memilih bisnis yang berada pada halaman pertama mesin pencari.

Dan hal itu berarti potensi SEO sangat besar bagi peningkatan omset bisnis anda.

Untuk mempelajarinya silakan menuju link berikut.

Menerapkan SEM (Search Engine Marketing)

Sama dengan SEO, SEM juga merupakan salah satu cara meningkatkan traffic. SEM atau search engine marketing itu merujuk pada optimasi mesin pencari seperti Google, namun dengan cara memasang iklan.

TUJUAN : meningkatkan jumlah produk terjual.

Cara ini jauh lebih cepat daripada SEO, tapi tentunya membutuhkan biaya. Anda dapat menpelajarinya lebih lanjut melalu artikel berikut.

Menerapkan SMM (Social Media Marketing)

Social Media Marketing dsingkat SMM. SMM memiliki dampak besar terhadap penjualan. Tapi pemasaran lewat social media, tidak dapat dlakukan secara asal-asalan.

 

Comments are closed.