500 Truk Terbakar di Islam Qala yaitu Perbatasan Afghanistan & Iran

500 Truk Terbakar di Islam Qala yaitu Perbatasan Afghanistan & Iran

500 Truk Terbakar di Islam Qala yaitu Perbatasan Afghanistan & Iran

500 Truk Terbakar di Islam Qala yaitu Perbatasan Afghanistan & Iran – Perbatasan adalah garis khayalan yang memisahkan dua atau lebih wilayah politik atau yurisdiksi seperti negara, negara bagian atau wilayah subnasional. Di beberapa wilayah Indonesia. perbatasan ditandai dengan tapal batas. Tapal batas bisa berupa batu atau tugu berukuran besar ataupun kecil.

Pada Sabtu, 13 Febaruari terjadi ledakan di pos bea cukai Islam Qala, Herat barat, Afghanistan yang berbatasan dengan Iran, yang menyebabkan ratusan kendaraan truk pembawa bahan bakar terbakar dan menimbulkan kebakaran besar.

Kebakaran tersebut membuat pasokan listrik untuk provinsi Herat yang di impor dari Download IDNPlay Poker APK Iran terputus, dan diperkirakan kebakaran menyebabkan kerugian hingga  puluhan juta dolar AS.

1. Lebih dari 500 truk tangki terbakar

Melansir dari Associated Press, ledakan yang terjadi pada Sabtu, 13 Februari di Islam Qala belum diketahui dengan jelas penyebabnya, tapi ledakan telah menghabiskan lebih dari 500 truk tangki pembawa gas alam dan bahan bakar, menurut pejabat Afghanistan dan media pemerintah Iran.

Kebakaran besar tersebut disebabkan dua ledakan pada truk pembawa bahan bakar, yang bisa dilihat dari luar angkasa oleh satelit NASA. Ledakan pertama terjadi pada sekitar pukul 1:10 siang waktu setempat, selanjutnya sekitar setengah jam kemudian pada pukul 1:42 malam terjadi ledakan kedua.

Ledakan telah membuat timbulnya kobaran api yang besar dan menyebabkan ambulans kesulitan mendekati lokasi untuk menolong mereka yang terluka. Menurut pejabat Barat setidaknya 60 orang terluka dalam insiden ini. Sedangkan menurut keterangan Afghanistan jumlah korban 17 orang dan telah di bawa ke rumah sakit, tapi khawatir jumlah korban akan meningkat.

Waheed Qatali, gubernur provinsi Herat, megatakan bahwa kobaran api yang terlalu besar membuat Afghanistan meminta bantuan kepada Iran dan personel NATO di Afghanistan untuk membantu memadamkan api.

Untuk membantu tetangganya Iran di kabarkan telah mengirim 21 mobil ambulans dan 20 mobil pemadam kebakaran.

2. Minyak impor Afghanistan masuk melalui Islam Qala

500 Truk Terbakar di Islam Qala, Perbatasan Afghanistan-Iran

Mengutip dari Anadolu Agency, di Islam Qala terdapat pelabuhan daratan tersibuk di Afghanistan. Dan merupakan tempat masuknya minyak impor dari Iran dan negara-Asia Tengah lainnya.

Melansir dari Associated Press, AS telah mengizinkan Afghanistan untuk mengimpor bahan bakar dan minyak dari Iran. Sebagai bagian dari konsesi khusus yang membebaskan Afghanistan dari sanksi AS terhadap Iran. Perbatasan Islam Qala yang berada sekitar 120 kilometer di sebelah barat kota Herat. Merupakan merupakan rute transit utama antara Afghanistan dan Iran.

Jalan raya antara kota Herat dan Islam Qala merupakan jalan raya berbahaya yang jarang di lalui pada malam hari karena takut di serang oleh kelompok kriminal. Kelompok Taliban juga di laporkan telah beroperasi dengan bebas di daerah tersebut. Untuk memberikan keamanan Afghanistan telah menyiapkan pos pemeriksaan dan membantu ambulans dan kendaraan darurat yang berangkat dan meninggalkan dari perbatasan.

3. Kebakaran menyebabkan listrik padam

500 Truk Terbakar di Islam Qala, Perbatasan Afghanistan-Iran

Melansir dari Reuters, kebakaran telah merusak infrastruktur listrik, menyebabkan sebagian besar ibu kota Herat kehilangan aliran listrik. Juru bicara perusahaan distribusi listrik Da Afghanistan Breshna Sherkat. Wahid Tawhidi, mengatakan 60 persen dari Herat. salah satu provinsi terbesar di Afghanistan, tidak memiliki sumber listrik sendiri. Dan ia juga mengatakan bahwa 100 megawatt listrik yang di impor dari Iran. Ke provinsi Herat saat ini telah terputus karena ada dua tiang yang terbakar.

Kebakaran tersebut berdasarkan penyampaian dari Younus Qazizada, ketua Kamar Dagang dan Industri Herat. Mengatakan kepada Reuters bahwa telah menimbulkan kerugian hingga puluhan juta dolar AS. Yang berdasarkan hasil perhitungan saat ini menunjukkan kerugian lebih dari 50 juta dolar AS atau setara dengan Rp698 miliar.

Comments are closed.